Pelantikan Pengurus ISHLAH Periode 2024/2025 MATQ Qoryatul Qur’an di Komplek Kauman Jatingarang

Kamis, 20 Juni 2024 bertempat di aula atas gedung PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Kauman diselenggarakan pelantikan kepengurusan ISHLAH (Imarah Syuunit Thalabah) periode 2024/2025 unit MATQ Qoryatul Qur’an.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.15 WIB hingga selesai pukul 09.45 WIB ini dihadiri oleh Direktur Operasional PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Hartanto, S.Pd.I, Ustaz Agus Umar Ar-Rifa'i, S.Pd.I, Ustaz Latif Muhlisin, S.Ag, dan segenap asatizah komplek Kauman.

ISHLAH Qoryatul Qur'an
Pelantikan pengurus ISHLAH

Kegiatan dibuka oleh Ustaz Latif Muhlisin, S.Ag selaku ketua panitia. Pembacaan nama pengurus ISHLAH periode 2024/2025 satu per satu oleh Ustaz Agus Umar Ar-Rifa'i, S.Pd.I. Kemudian Ustaz Hartanto, S.Pd.I membacakan Ikrar ISHLAH dan menyampaikan nasihat.

Di antara nasihat Ustaz Hartanto adalah agar para pengurus ISHLAH untuk selalu meluruskan niat dan memiliki tujuan yang jelas. Menjadi ISHLAH itu harus tahu tujuannya yakni memberikan petunjuk kepada adik kelas agar mengerti tentang Allah, beribadah, menjalankan perintah Allah, dan menjauhi larangan Allah.

“Pemimpin harus saleh, perbaiki diri terlebih dahulu sebelum memperbaiki teman-teman kalian,” kata Ustaz Hartanto lugas. “Perbaiki ruh atau jiwa terlebih dahulu dengan mendekatkan diri kepada Allah.”

Direktur Operasional ini mengingatkan agar pengurus bisa kompak dalam kebaikan bersama dan tidak jalan sendiri-sendiri. “Akan hancur ISHLAH ini jika yang satu membangun sementara yang lainnya merobohkan,” kata Ustaz Hartanto menegaskan.

Dirop QQ
Direktur Operasional berkenan hadir

ISHLAH atau kalau di luar pesantren biasa disebut OSIS ini, pengurusnya harus tetap belajar dan berprestasi. Ustaz Hartanto meyakinkan bahwa justru menjadi ISHLAH ini bisa menjadi tempat belajar yang terbaik. Belajar memimpin dan mendampingi adik-adik kelas.

Kemudian penyampaian dari Ustaz Latif Muhlisin, S.Ag. Beliau menasihatkan agar setiap aktivitas kegiatan dilandasi niat karena Allah ﷻ. Pengurus ISHLAH dituntut menjadi teladan buat adik-adik kelasnya.

“Jangan lupa bahwa ISHLAH tetaplah seorang santri. Jangan sampai beralasan menjadi ISHLAH dengan banyak tugas lalu menjadikan kalian malas belajar,” pesan Ustaz Latif.

Komplek Kauman
Dilaksanakan di aula atas disaksikan santri komplek Kauman

Beliau juga mengingatkan bahwa setiap program yang dilaksanakan ISHLAH adalah untuk belajar mendidik santri bukan untuk menghukum setiap kali adik kelas berbuat kesalahan.

Ustaz Latif menjelaskan bahwa prinsip ISHLAH adalah menjalin ukhuwah Islamiyah, membangun loyalitas untuk kebaikan umat Islam, dan agar senantiasa menautkan cita-cita untuk menegakkan Islam rahmatan lil alamin.

Acara pelantikan kepengurusan ISHLAH periode 2024/2025 unit MATQ Qoryatul Qur’an ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Mas'ula Azzahid. Semoga acara ini mendatangkan keberkahan dan ISHLAH yang dilantik dapat menjadi teladan kebaikan bagi santri yang lain. Aamiin.

Reporter: Ustaz Aldi Ahmad

Posting Komentar untuk "Pelantikan Pengurus ISHLAH Periode 2024/2025 MATQ Qoryatul Qur’an di Komplek Kauman Jatingarang"