Mus'ab Syaiful Haq, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas X Ta'jil Selesaikan Hafalan 30 Juz

Kabar bahagia dari salah satu santri MATQ Qoryatul Qur’an program Ta'jil, yakni Mus'ab Syaiful Haq, yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz ketika masih duduk di kelas X. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah.

Waktu menghafal yang dibutuhkan oleh Mus'ab adalah 1 tahun. Setoran hafalan terakhirnya telah terlaksana pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 di komplek Jonggring Saloka, di Dukuh Tegalrejo, Karanganyar, Weru.

“Alhamdulillah, bersyukur bisa hafal 30 juz,” ungkap Mus'ab bahagia. Menurutnya, ketika bersama Al-Qur’an maka ia percaya sedang berada di jalan yang benar.

Mus'ab Syaiful Haq
Mus'ab Syaiful Haq

Kiat menghafal yang dilakukannya adalah dengan menghafal per ayat diulang 20 kali. Kemudian jika sudah hafal ayat kedua digabung dengan ayat ke satu dan seterusnya. Memang tidak mudah tapi dengan tekad kuat maka menjadi mudah pada akhirnya.

Mus'ab adalah santri yang berasal dari Kadipiro RT 02/10 Bejen Karanganyar. Anak kedua dari 9 bersaudara pasangan Bapak Wahyu Rachmadi dan Ibu Mutia Muthmainnah yang lahir pada tanggal 12 Agustus 2007.

Remaja yang hobi tadabur alam ini bertekad terus belajar dan berdakwah, ia ingin meneladani dan menjadi penerus Mus'ab bin Umair, yang terkenal dengan diplomatis yang cantik dan kemampuan menyampaikan ajaran Islam secara santun.

Kisah yang terkenal, Mush’ab diutus oleh Rasulullah ﷺ untuk menyebarkan agama Islam ke Yasrib. Berkat kelembutannya dalam menyampaikan ajaran Islam membuat dakwahnya sukses besar. Nyaris bisa dipastikan di setiap perkampungan di Yasrib terdapat sejumlah orang yang sudah masuk Islam.

Cara berdakwah dengan santun adalah cara yang dicontohkan Rasulullah ﷺ dalam menyampaikan nilai-nilai Islam. Inilah yang dilakukan oleh beliau sehingga mampu mengislamkan sekian banyak umat manusia hanya dalam perjalanan dakwah 23 tahun, 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah.

Demikian kabar bahagia terkait selesainya hafalan Al-Qur’an 30 juz oleh Mus'ab Syaiful Haq, santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas X Ta'jil. Semoga membawa keberkahan baginya, keluarga, dan pesantren. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Zakki Zayrofi

Posting Komentar untuk "Mus'ab Syaiful Haq, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas X Ta'jil Selesaikan Hafalan 30 Juz"