Ustaz Luthfi Zubaidi: Keutamaan Hari Arafah sebagai Hari Terbaik untuk Berdoa

Hari ini kita melaksanakan puasa Arafah atau puasa 9 Zulhijah. Sebagian ulama berpendapat bahwa hari ini adalah hari yang paling utama. Hal ini juga disampaikan oleh Anak bin Malik yang menyebut bahwa hari Arafah lebih utama dari 10.000 hari.

Di antara hari yang Allah ﷻ banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah ﷻ berfirman, “Apa yang diinginkan oleh mereka?”

Doa pada Hari Arafah

Doa pada hari Arafah juga adalah doa yang terbaik. Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah ﷺ bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi)

Ustaz Luthfi Zubaidi
Ustaz Luthfi Zubaidi menyampaikan tentang keutamaan hari Arafah

Penamaan puasa Arafah merujuk pada ritual haji di tanah suci. Jemaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf pada 9 Zulhijah, meskipun terkadang penentuan tanggal tidak sama dengan di Indonesia.

Hari Arafah juga disebut sebagai hari yang penuh dengan pengampunan dosa. Oleh karena itu, seluruh umat muslim khususnya yang tidak berwukuf dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh pada hari ini salah satunya dengan berpuasa.

Doa agar Bisa Haji dan Umrah

Di antara doa yang baik adalah memohon pada Allah ﷻ agar kita bisa berangkat haji. Panggilan Allah ﷻ berupa haji atau umrah adalah tentang keyakinan dan kekuatan doa. Meski antrean haji sangat panjang sampai 35 tahunan, tapi kehendak Allah ﷻ di atas semua itu.

Berikut ini adalah doa agar diberikan kesempatan haji dan umrah lengkap yang bisa kita amalkan agar Allah ﷻ memberangkatkan kita dengan kuasa-Nya.

اَللَّهُمَّ الرْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ اَلْمُعَظَّمْ وَرَسُوْلِكَ اَلْمُكَرَّمْ فِى هَذَا الْعَامْ وَفِى كُلِّ عَامْ بِاَحْسَنِ الْحَالْ

Allahummar zuqnaa ziyarota baitikal mu'adhom wa rosuulikal mukarram fii hadzal 'aam wa fii kulli 'aam bi ahsanil haal.

Ya Allah, berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan rasul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan sebaik-baiknya.”

Pesan Rasulullah saat Haji Wada

Pada 632 M, Rasulullah Muhammad ﷺ memberikan khutbah saat Haji Wada (khutbah terakhir). Beliau memberikan pesan-pesan penting di atas gunung, di ketinggian 200 kaki (61 m), Jabal Rahmah.

Beberapa poin penting yang beliau sampaikan di antaranya adalah pesan mengenai perlindungan hukum tentang harta dan jiwa, seseorang tidak dibenarkan mengganggu orang lain.

Kemudian Rasulullah ﷺ juga berpesan agar siapa saja yang menerima amanah harus menunaikan amanah itu sebagaimana mestinya. Lalu mengingatkan tentang riba agar dihindari.

Rasulullah ﷺ berpesan tentang menyikapi wanita agar dimuliakan dengan senantiasa dilindungi hak-haknya, wanita juga hendaklah senantiasa menjaga marabat dan harga dirinya.

Rasulullah ﷺ mengingatkan kaum muslimin agar senantiasa menjaga garis nasab (keturunan) secara hukum. Diingatkan pula bahwa anak angkat selamanya tidak bisa menjadi anak kandung karena bukan dari garis nasab.

Kemudian Rasulullah ﷺ juga memesankan agar umat Islam senantiasa memelihara dan bahkan meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan berpegang teguh pada Al-Qur’an.

Agar dakwah bisa luas tersampaikan, Rasulullah ﷺ memesankan agar umat Islam menyampaikan agama ini kepada mereka yang belum mengetahui.

Resume kajian Ahad Pagi di Masjid Widad El Fayez, Komplek Asem Legi, Gabeng, pada 16 Juni 2024 disampaikan oleh Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc, MH, Kepala Unit Ma'had Aly Qoryatul Qur'an.

Posting Komentar untuk "Ustaz Luthfi Zubaidi: Keutamaan Hari Arafah sebagai Hari Terbaik untuk Berdoa"