Alif Fathurrohman, Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Semester 4 Selesaikan Hafalan 30 Juz

Alif Fathurrohman berhasil menyetorkan hafalan terakhirnya hingga genap 30 juz ketika menjadi mahasantri semester 4 Ma’had Aly Qoryatul Qur’an yang berasrama di komplekw Saloka, di Dukuh Tegalrejo, Karanganyar, Weru.

“Alhamdulillah, bersyukur bisa menuntaskan hafalan 30 juz,” ungkap mahasantri yang biasa dipanggil Alif atau Fathur ini. “Ketika bersama Al-Qur’an maka percayalah bahwa kita sedang berada di jalan yang benar.”

Alif Fathurrohman
Alif Fathurrohman

Waktu menghafal yang dibutuhkan Fathur adalah 1 tahun 11 bulan hingga berhasil menuntaskan ziyadah 30 juz. Setoran terakhir pada hari Jumat, 21 Juni 2024 di komplek Jonggring Saloka.

Kiat menghafal yang dilakukannya adalah menghafal per ayat, diulang 20 kali, kemudian jika sudah hafal ayat kedua digabung dengan ayat ke satu dan seterusnya. Memang tak mudah, tapi dengan kesungguhan hati maka akan mendapatkan kemudahan dari Allah.

Fathur adalah mahasantri yang berasal dari Tegalrejo, Karanganyar, Weru, Sukoharjo. Pencapaian ini tentu membahagiakan kedua orang tuanya, yakni Bapak Suratmin dan Ibu Purmani.

Fathur terlahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara pada tanggal 5 November 2000. Kegemarannya adalah tadabbur alam. Untuk cita-cita, ia ingin menjadi muslim yang manfaat bagi seluruh umat.

Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Seorang muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain.

Hal ini sesuai yang telah disabdakan Rasulullah Muhammad ﷺ dalam hadis yang diriwayatkan At-Tabrani, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Memberi manfaat kepada orang lain, sejatinya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. Sebagaimana firman Allah, “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri ...” (QS. Al Isro (17): 7)

Demikian kabar bahagia terkait selesainya hafalan Al-Qur’an 30 juz oleh Alif Fathurrohman, mahasantri semester 4 Ma’had Aly Qoryatul Qur’an. Semoga membawa keberkahan baginya, keluarga, dan pesantren. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Zakki Zayrofi

Posting Komentar untuk "Alif Fathurrohman, Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Semester 4 Selesaikan Hafalan 30 Juz"