MITQ




MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZUL QUR’AN

QORYATUL QUR’AN

 


Muqoddimah

Yayasan Qoryatul Qur’an merupakan salah satu yayasan yang bergerak dibidang sosial, pendidikan dan kemasyarakatan yang berpusat di Kauman, Jatingarang, Weru, Sukoharjo. Yayasan ini menaungi berdirinya Pondok Tahfizhul Qur’an Qur’an Qoryatul Qur’an, yakni lembaga pendidikan yang berbasis tahfidzul qur’an dan sebagai upaya nyata untuk mencetak generasi Qur’ani sejak usia dini hingga perguruan tinggi. Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Qoryatul Qur'an pada tahun 2010 mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat kecamatan Weru. Sehingga dalam perjalanannya selama sepuluh tahun terakhir, Yayasan Qoryatu Qur’an sudah mendirikan beberapa jenjang lembaga pendidikan seperti Sekolah Menengah Pertama Tahfizhul Qur’an (SMPTQ), Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an (MATIQ), I’dad Mu’allimat Tahfizhul Qur’an (IMTAQ), Ma’had Aly Li Ta’hilil Murobbiyat. Yang mana setiap jenjangnya terdiri dari unit putra dan putri.

Pondok Pesantren Qoryatul Qur’an sebagai lembaga pendidikan islam, bercita-cita untuk membentuk masyarakat islam moderen sebagaimana komunitas di atas. Selain itu, pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kwalitas manusia Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita yang sudah disampaikan di atas, Yayasan Qoryatul Qur’an juga mendirikan jenjang pendidikan usia dini atau anak-anak yang bernama Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Qoryatul Qur’an.

 

Susunan Pengurus Yayasan

Berikut merupakan susan kepengurusan Yayasan Qoryatul Qur’an:

Pembina              :

  • Bp. H. Mugiyono
  • Bp. H. Sukino, M.Pd
  • Bp. H. Nartowiharjo
  • Bp. Setyadi Prihatno, S.Sos, M.P.I

Pengawas           :

  • Bp. H. Syamsuri Hamzah, S.Ag
  • Bp. H. Wasiman

Pengurus             :

  • Ketua                     : Bp. H. Wiyana
  • Sekretaris            : Bp. H. Didik Efendi, ST
  • Bendahara          : Bp. Hasyim Makmun Tohar



Profil Madrasah

Madrasah Ibidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an (MITQ Qoryatul Qur’an) diambil dari nama yayasan yang menaunginya yaitu “Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman”. Nama tersebut diambil karena berada dilingkungan pondok pesantren Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an.

Keunggulan Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an Qoryatul Qur’an, sebagai berikut:

  • Full day school, every day with Qur’an.
  • Kurikulum terpadu sesuai Kementrian Agama, Kuttab dan Tahfizhul Qur’an.
  • Guru pendidik diampu oleh para Penghafal Al – Qur’an dan guru yang berkompetensi dibidangnya.
  • Lingkungan belajar yang kondusif.
  • Lokasi sekolah yang nyaman dan jauh dari kebisingan.


Dengan menerapkan full day school activity, peserta didik dapat berinteraksi dan mengafal qur’an setiap harinya dengan waktu yang lebih berkualitas. Adapun para prngajar selain berpotensi dibidangnya masing – masing  juga siap mendedikasikan ilmu dan dirinya untuk mencerdaskan peserta didik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai sebagaimana yang tercantum di dalam visi dan misi. Dalam kegiatan tahfizhul qur’an diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi qur’ani yang berakhlak mulia serta dapat mengimplementasikan intisari Al – Qur’an dikehidupan sehari – hari.

 

Status Tanah Bangunan

Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an beralamat di Dukuh Babadan RT 01/RW 10, Karangmojo, Weru, Sukoharjo. Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an ini berdiri di atas lahan tanah wakaf seluas 864 M², bersama dengan bangunan, gedung belajar, mushala, dan kantor yang didesain sesuai standar prosedural.

 

Visi Madrasah

Visi Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an dalam rangka mewujudkan generasi qur’ani:

Terwujudnya generasi bangsa yang mempunyai pondasi keimanan, keilmuan dan kecerdasan sehingga terbentuk pribadi yang religius, beradab, kuat dan tangguh.

 

 

 Misi Madrasah

Misi Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an dalam rangka mewujudkan generasi qur’ani:

  • Menyiapkan kader – kader penghafal Al-Qur’an sejak usia dini.
  • Membentuk peserta didik menjadi manusia yang berkepribadian.
  • Membentuk kompetensi dasar peserta didik yang diperlukan dalam reٲalita kehidupan.
  • Mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, adab, sikap dan akhlak mulia pada diri peserta didik.

 

 Ikrar Santri

أشهد أن لا ٳله الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Aku bersaksi tiada Ilah selain Allah dan aku bersaksi Nabi Muhammad itu utusan Allah

رضيت ب الله ربا

Aku ridho Allah sebagai Rabbku

وبا لإ سلام دينا

Aku ridho Islam sebagai agamaku

وبمحمد نبيا ورسولا

Aku ridho Muhammad adalah Rasulku

وبا لقرآن إماماوحكما

Dan aku ridho Al – Qur’an sebagai pemimpin dan pedoman hidupku

 

 

Tujuan Madrasah

Berikut merupakan tujuan didirikannya Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an:

  • Menjadi insan yang beriman dan berakhlak mulia yang dapat mengamalkan ajaran agama sebagai proses pembelajaran dan pembiasaan.
  • Memiliki bekal hafalan sebagai pondasi keislaman dalam menghadapi era globalisasi.
  • Sehat jasmani dan rohani serta memiliki sikap hidup dan kepribadian yang islami.
  • Menguasai kecakapan – kecakapan hidup sehingga menjadi pribadi yang mandiri sesuai tingkat perkembangannya.
  • Menguasai dasar – dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kompetensi yang diajarkan.
  • Mempersiapkan diri untuk menempuh jenjang pendidikan berikutnya.

 

Standar Kelulusan

Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Qoryatul Qur’an memberikan standar keberhasilan siswa selama proses belajar dan menyelesaikan target tahfizhul qur’an yang dituangkan kedalam standar kelulusan, dengan rincian sebagai berikut:

  • Memiliki hafalan minimal 10 – 30 juz Al-Qur’an.
  • Hafal hadits Arba’in Nawawi.
  • Hafal hadits Kitabul Jami’ Bulughul Marom.
  • Hafal do’a harian dan benar dalam berdzikir.
  • Terbiasa sholat wajib, benar dan tepat waktu .
  • Berakhlak mulia dalam keseharian.
  • Mampu berbahasa arab dengan kitab pedoman Al ‘Arobiyah baina yadaika jilid 1.
  • Lulus ujian nasional.

 

 Manajemen dan Personalia

Dewan Komite                  :

  • Bp. Susanto
  • Bp. H. Asri Minulya
  • Bp. Setyadi Prihatno, S.Sos, M.P.I

Pengasuh                                            :

  • Bp. H. Wasiman
  • Bp. Bp. Hasyim Makmun Tohar
  • Ibu Umi Latifah
  • Ibu Niken, S.Pd.I

 

Pengurus                                             :

  • Kepala Madrasah                             : Ust. Ibnu Solikhin, S.Pd.I
  • Wakil Kepala Madrasah                 : Usth. Miftakhatus Sa’diyah, S.Pd.
  • Wali Kelas                                            : Usth. Miftakhatus Sa’diyah, S.Pd.
  • Kepala Tata Usaha                           : Ust. Ahmad Supi (Ust. Salman Alfarisi)
  • Bendahara                                          : Ust. Raihan Afif Ilyasa, S.Pd.I
  • Administrasi/TU                               : Ust. Latif Muhlisin

 

Guru Pengajar

  • Guru Kelas                                                                          : Usth. Miftakhatus Sa’diyah, S.Pd.
  • Guru Pend. Agama Islam & Budi Pekerti                : Ust. Ibnu Solikhin, S.Pd.I
  • Guru Pend. Jasmani, Olahraga & Kesehatan        : Ust. Latif Muhlisin
  • Guru Seni Budaya Prakarya                                         : Usth. Emy Susilowati, S.Pd.I
  • Guru Tahfidz                                                                      : 1. Usth. Ummi Salamah

                                                                                                              2. Usth. Esti Nur Yuliani

                                                                                                              3. Usth. Hanun Salsabila

 

Kurikulum

Madrasah Ibidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an mengacu pada Kurrikulum 2013 sesuai kurrikulum yang diterapkan kementrian Agama republik Indonesia. Dengan menerapkan Kurikulum 2013, Kementrian Agama RI  menetapkan untuk tetap menggunakan mata pelajaran yang menjadi kekhasan madrasah yaitu, pendidikan Agama Islam (PAI) yang terdiri mata pelajaran Al- Qur’an, Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab.

Adapun perluasan kurrikulum Agama Islam di MITQ Qoryatul Qur’an mencakup beberapa bidang yang dikembangkan melalui kegiatan teori dan praktek, dengan standar penilaian yang jelas. Pendidikan kurrikulum Agama Islam tersebut meliputi Tahfizhul Qur’an, Hadits Arba’in Nawawi, Al ‘Arobiyah baina yadaik jilid I, dan do’a sehari – hari.

Tahfizhul Qur’an merupakan bagian dari kurrikulum yang dikembangkan oleh madrasah dan menjadi salah satu unggulan (ciri khusus) yang harus dicapai oleh setiap siswa MITQ Qoryatul Qur’an.

Berikut merupakan kurrikulum pembelajaran siswa yang dijabarkan melalui mata pelajaran umum, mata pelajaran Agama Islam dan ekstrakurikuler MITQ Qoryatul Qur’an selama menempuh pendidikan dasar dari kelas 1 sampai kelas 6:

No.

Mata pelajaran

Kelas

1

2

3

4

5

6

 

Pendidikan Agama islam

 

 

 

 

 

 

 

Tahfizhul Qur’an

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Al-Qur’an – Hadits

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Aqidah – Akhlak

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Fiqih

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Sejarah Kebudayaan Islam

-

-

ü

ü

ü

ü

 

Pendidikan Kewarganegaraan

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Bahasa Indonesia

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Bahasa Arab

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Matematika

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Ilmu Pengetahuan Alam

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Ilmu Pengetahuan Sosial

-

-

ü

ü

ü

ü

 

Seni Budaya dan Keterampilan

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Mata Pelajaran Muatan Lokal

 

 

 

 

 

 

 

Baca Tulis Al-Qur’an

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Bahasa Inggris

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Bahasa Jawa

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

TIK

-

-

ü

ü

ü

ü


Ekstrakurikuler

 

 

 

 

 

 

 

Berkuda

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Memanah

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Berenang

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Bela Diri

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Kaligrafi

-

-

ü

ü

ü

ü

 

Seni Tilawah Al-Qur’an

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Kerajinan Tangan

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Pildacil

ü

ü

ü

ü

ü

ü

 

Tata Boga

-

-

-

ü

ü

ü

 

Wirausaha

-

-

-

ü

ü

ü

 

 

Sarana Prasarana yang Tersedia

Berikut merupakan list data dari sarana dan prasarana yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Qoryatul Qur’an:

No.

Uraian

Jumlah Inventaris

 

Ruang Kelas

3

 

Ruang Kepala Madrasah

1

 

Ruang Guru

1

 

Ruang Tata Usaha

1

 

Perpustakaan

1

 

Mushola

1

 

WC Guru

1

 

WC Murid

3

 

Meja Siswa

40

 

Kursi Siswa

40

 

Papan Tulis

3

 

Meja Pengajar

3

 

Kursi Pengajar

3

 

Tempat Sampah

3

 

Buku Perpustakaan

335

 

Proyektor LCD

1

 

Komputer TU

1

 

Pengeras Suara

1

 

Kursi dan Meja TU

1 Set

 

Printer

1

 

 

Dukungan Masyarakat Terhadap MITQ Qoryatul Qur’an

Dalam pendiriannya, Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar. Adapun bentuk apreasi dan dukungan masyarakat sebagai berikut:

  • Masyarakat menghadiri pertemuan undangan dari madrasah sebagai bentuk dukungan terbentuknya madrasah Ibtidaiyah.
  • Anggota madrasah menjadi pembicara di luar madrasah dengan masyarakat.
  • Masyarakat menjadi pengurus organisasi di madrasah.
  • Madrasah menjadikan orang tua sebagai partner pendidik. 
  • Menjalin komunikasi yang interaktif antara masyarakat dan madrasah.

Unsur-unsur  masyarakat yang menjalin kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an diantaranya adalah orang tua siswa, warga, dan lembaga masyarakat sekitar madrasah, tokoh masyarakat, lembaga agama, organisasi kemasyarakatan, pemerintah setempat, petugas keamanan dan ketertiban, sesama lembaga madrasah dan sekolah, pengusaha, pedagang dan industri. Maka Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an di dalam masyarakat siap merespon masukan dan umpan balik dari masyarakat demi berlangsungnya kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an.

 

Penutup

Sebagai upaya nyata untuk mencetak generasi Qur’ani melalui jenjang pendidikan Sekolah dasar, Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an menerapkam pendidikan berbasis tahfidzul qur’an dan Kuttab. Dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari acuan Kurrikulum Kementrian Agama Republik Indonesia, serta didukung dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang skill dan olahraga. Gambaran tersebut merupakan langkah upaya untuk mewujudkan cita-cita tujan, visi dan misi Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an.